Kenapa Tiba-Tiba Kulit Bentol dan Gatal? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hai Bestie, pernah nggak sih kulit badan tiba-tiba gatal dan bentol mendadak? Mungkin, di posisi itu kamu bukan hanya merasa gatal pada kulit, namun juga disertai oleh gejala lain seperti ruam kemerahan dan bentol-bentol. Ternyata, keluhan ini tidak hanya dialami oleh anak-anak, tapi juga orang dewasa (1). Duh, kenapa tiba-tiba kulit bentol dan gatal seperti itu ya? Jangan panik dulu ya Bestie. Ada beberapa faktor dan cara simple untuk mengatasinya. Yuk, simak selengkapnya di artikel kali ini.

Kenapa Tiba-Tiba Kulit Bentol dan Gatal? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hai Bestie, pernah nggak sih kulit badan tiba-tiba gatal dan bentol mendadak? Mungkin, di posisi itu kamu bukan hanya merasa gatal pada kulit, namun juga disertai oleh gejala lain seperti ruam kemerahan dan bentol-bentol. Ternyata, keluhan ini tidak hanya dialami oleh anak-anak, tapi juga orang dewasa (1). Duh, kenapa tiba-tiba kulit bentol dan gatal seperti itu ya? Jangan panik dulu ya Bestie. Ada beberapa faktor dan cara simple untuk mengatasinya. Yuk, simak selengkapnya di artikel kali ini.

Kenapa Kulit Kita Tiba-tiba Muncul Bentol dan Terasa Gatal?

Fun fact, penyebab kulit gatal dan bentol secara tiba-tiba yang kamu alami bisa terjadi karena alergi terhadap udara, makanan, atau obat lho, Bestie! Yup, kondisi ini sering disebut dengan istilah biduran (1). Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Tentunya dengan menjauhi berbagai faktor penyebabnya.

Penyebab Kulit Gatal dan Bentol

Kenapa tiba-tiba kulit bentol dan gatal? Nampaknya, keluhan seperti kulit tiba-tiba gatal dan bentol yang muncul ternyata bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut ini merupakan penjelasan detailnya:

  1. Alergi Makanan
    Bestie, kamu mungkin pernah merasakan bentol dan gatal pada kulit setelah makan sesuatu. Nah, itu bisa terjadi karena alergi makanan yang membuat sistem kekebalan tubuh kamu langsung bereaksi. Alergi makanan ini juga bisa menyebabkan gejala parah bahkan sampai syok anafilaksis (reaksi alergi serius pada tubuh) yang dapat mengancam nyawa.

    Contoh: Beberapa contoh makanan yang seringkali dikaitkan dengan alergi biduran, diantaranya adalah kacang, cokelat atau seafood. Selain itu, biduran juga bisa dipicu oleh bahan makanan tambahan, seperti pewarna buatan dan pengawet (1).
  2. Reaksi Alergi Udara Dingin
    Munculnya bentol-bentol atau biduran juga bisa disebabkan oleh paparan udara dingin. Orang yang mengalami urtikaria (alergi) dingin memiliki gejala yang sangat beragam. Bagi beberapa orang yang mengalami reaksi alergi yang cukup parah, berenang di air dingin dapat menyebabkan tekanan darah yang sangat rendah hingga dapat menyebabkan pingsan, atau syok (2).

    Contoh: Kondisi lembab dan berangin dapat memunculkan biduran di kulit. Selain itu, komplikasi yang mungkin terjadi pada alergi dingin adalah reaksi ketika bagian kulit telah terpapar dengan sesuatu yang dingin, misalnya dengan berenang di air dingin (2).
  3. Berkeringat
    Kamu sering mengalami gatal saat suhu badan lebih panas? Bisa jadi, kamu memang memiliki alergi terhadap panas. Segala sesuatu yang bikin badan kamu panas bisa jadi salah satu penyebabnya. Keringat pada dasarnya tidak menyebabkan gatal-gatal, namun tubuh yang berkeringat menandakan suhu tubuh juga naik, sehingga memproduksi Asetilkolin (zat kimia yang dapat mengganggu perkembangan sel kulit) sehingga dapat memicu iritasi dan ruam pada kulitmu, Bestie (3).

    Contoh: Bagi beberapa orang, kenaikan suhu tubuh, baik karena olahraga, berendam di air panas atau berada di luar ruangan di bawah sinar matahari serta makan makanan panas dapat menjadi penyebab kulit gatal dan bentol (3).
  4. Kulit Kering
    Tahukah kamu, jika kondisi kulit kering dapat memicu gatal-gatal? Biasanya, kulit kering tidak akan disertai dengan gejala tambahan lainnya, seperti bentol dan merah-merah. Namun, kulit yang terlalu kering bisa menimbulkan gatal. Gejalanya pun cukup bervariasi berdasarkan rentang usia, kondisi medis, warna kulit serta lingkungan tempat tinggal (4).

    Contoh: Suhu dan kelembaban lingkungan ekstrem, dapat membuat kulit menjadi kering, gatal, dan makin parahnya mengelupas. Karena itu, kamu bisa menggunakan humidifier (alat pelembab udara) untuk membantu menjaga kelembaban dan melawan efek pengeringan (4).
  5. Stress
    Stress yang berlebih juga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun sehingga lebih rentan terkena masalah kulit, dan menyebabkan urtikaria atau biduran kronis. Kondisi ini dapat disebabkan oleh respons imun, aktivitas fisik yang tinggi, konsumsi alkohol ataupun stress (5).

    Contoh:  Stress merupakan salah satu penyebab paling umum dari kambuhnya masalah kulit seperti gatal-gatal dan kemerahan di beberapa bagian tubuh. Apabila biduran ini sering muncul atau tidak kunjung hilang, bisa jadi itu karena sistem kekebalan tubuhmu sedang bereaksi. Jadi, usahakan jangan stress ya Bestie! (5)

Kenapa Tiba-Tiba Kulit Bentol dan Gatal di Malam Hari?

Kamu sering merasa gatal di malam hari? Hal ini disebut juga sebagai nocturnal pruritus, yakni kondisi medis yang membuat seseorang mengalami gatal dengan berbagai kemungkinan faktor penyebab (6). Berikut ini adalah beberapa jenis pemicu dari terjadinya kulit yang sering gatal di malam hari:

  • Respon Autoimun: Pada kondisi ini, sel-sel kekebalan tubuhmu dapat berbalik menjadi menyerang sel-sel yang sehat, sehingga menyebabkan peradangan atau pembengkakan dan gatal-gatal (7).
  • Suhu Tubuh: Jika suhu tubuhmu tinggi pada malam hari, kulit yang sensitif juga bisa menjadi gatal. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga suhu tubuh di ambang normal (7).
  • Kulit Kering: Jangan sampai kamu membiarkan kulit menjadi terlalu kering dalam waktu yang lama ya, Bestie. Jika kulit sampai kering, maka tubuhmu akan kehilangan kelembaban pada malam hari sehingga dapat memicu gatal (6).
  • Perubahan Hormon: Di malam hari, tubuh kita tidak akan memproduksi hormon sebanyak pada siang hari. Nah, salah satu hormon ini memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan. Akhirnya, hal ini dapat menyebabkan kulit kamu menjadi gatal (7).

Atasi Kulit Bentol dan Gatal Karena Alergi Dengan Loratadine

Bestie, kalau kamu masih sering terkena gatal dan bentol-bentol di kulit karena alergi, ada obat yang bisa membantu mengatasi masalah ini, yaitu Loratadine. Obat anti alergi ini dapat meredakan gatal-gatal, mengurangi bentol karena alergi (seperti alergi makanan dan obat-obatan). Apalagi, dengan loratadine, Anti-alergi tanpa kantuk, cukup dikonsumsi 1 kali sehari (dosis 10 mg) karena memiliki efektivitas yang mampu bekerja hingga 24 jam,(8) jadi kamu tetap bisa bebas beraktivitas. Jika kondisimu belum membaik, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

CH-20230517-15

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health

REFERENSI:

  1. Daniel More, MD. Causes and Risk Factor of Urticaria. Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/causes-of-urticaria-82866
  2. Mayo Clinic Team. Cold Urticaria. Mayo Clinic. 
    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cold-urticaria/symptoms-causes/syc-20371046
  3. Meredith Goodwin, MD. Cholinergic Urticaria: Hives From Heat Sweat
    https://www.healthline.com/health/heat-hives
  4. Mayo Clinic Team. Dry Skin. Mayo Clinic. 
    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/symptoms-causes/syc-20353885.
  5. Timothy J. Legg PhD, PsyD. Sign of Stress: Rash, Hives and More
    https://www.healthline.com/health/signs-of-stress
  6. Larell Scardelli. Everything You Need to Know About Itchy Skin at Night. Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/itchy-skin-at-night-5212394.
  7. Cleveland Clinic Team. Itchy Skin at Night. Cleaveland Clinic
  8. NHS Team. Loratadine (Clarityn). NHS UK. https://www.nhs.uk/medicines/loratadine/

ANDA MUNGKIN SUKA INI