Manfaat Obat Loratadine, Efektif Atasi Gejala Alergi Tanpa Kantuk

Hi Bestie, sudah tahu belum kalau gejala alergi tidak hanya ditandai dengan munculnya sensasi gatal pada kulit? Seringkali, alergi juga disertai dengan gejala lain seperti pilek, mata berair, hingga bersin-bersin. Nah, Loratadine adalah salah satu jenis obat yang bisa kamu pilih untuk meredakan gejala tersebut. Namun, apa bedanya sih Loratadine dengan obat alergi lain? Dan alergi apa saja yang bisa diatasi oleh obat ini? Berikut penjelasan lengkapnya mengenai khasiat Loratadine.

Manfaat Obat Loratadine, Efektif Atasi Gejala Alergi Tanpa Kantuk

Hi Bestie, sudah tahu belum kalau gejala alergi tidak hanya ditandai dengan munculnya sensasi gatal pada kulit? Seringkali, alergi juga disertai dengan gejala lain seperti pilek, mata berair, hingga bersin-bersin. Nah, Loratadine adalah salah satu jenis obat yang bisa kamu pilih untuk meredakan gejala tersebut. Namun, apa bedanya sih Loratadine dengan obat alergi lain? Dan alergi apa saja yang bisa diatasi oleh obat ini? Berikut penjelasan lengkapnya mengenai khasiat Loratadine.

Apa itu Loratadine? 

Loratadine adalah obat yang dapat meredakan gejala alergi. Manfaat Loratadine ini merupakan antihistamin generasi kedua sehingga tidak menyebabkan kantuk (1,2,3).

Dosis Loratadine untuk Orang Dewasa

Dosis loratadine yang disarankan untuk dikonsumsi oleh orang dewasa adalah:

  • 1 Tablet 10 mg diminum 1 kali sehari, atau
  • Sesuai anjuran dokter (2).

Manfaat Obat Loratadine untuk Gejala Alergi 

  1. Meredakan gejala rhinitis alergi/pilek alergi.
    Manfaat obat Loratadine dapat digunakan untuk mengobati gejala rhinitis atau pilek  alergi seperti mata berair, hidung berair, gatal, dan bersin-bersin (1,2). Jadi, kalau bersin-bersin belum tentu karena flu ya, bisa jadi itu gejala alergi. Supaya kamu lebih yakin, ada baiknya untuk segera mengetahui apakah kamu memiliki gejala pilek alergi atau tidak. Caranya? Kamu bisa mulai cek pilek alergimu di sini.
  2. Meredakan gatal akibat alergi makanan.
    Manfaat obat Loratadine yang kedua adalah meredakan gatal akibat alergi makanan. Makanan penyebab alergi yang paling umum adalah kacang, cokelat, makanan laut, telur, dan susu. Gejala yang ditimbulkan akibat alergi makanan dapat bervariasi mulai dari gatal, bengkak pada kulit, kelopak mata dan bibir, bersin, sesak, hingga diare (3,4).
  3. Meredakan gejala alergi karena suhu lingkungan.
    Bestie, tahukah kamu kalau alergi dingin itu nyata? Yup, faktanya memang ada beberapa orang yang cukup ultiple terhadap suhu tertentu hingga menimbulkan alergi. Alergi ini dapat muncul akibat cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin. Gejala alergi yang muncul pada umumnya adalah bersin-bersin, mata dan hidung berair, bentol dan gatal pada kulit (3).
  4. Meredakan gatal akibat alergi kontak.
    Paparan langsung dengan ultiple juga bisa menjadi pemicu alergi pada ultiple orang. Dengan adanya kontak dengan pemicu atau penyebab alergi, misalnya seperti lateks, bahan kimia, kosmetik, debu, dan bulu binatang, orang-orang yang ultiple terhadap bahan tersebut akan mengalami kemerahan atau bentol, yang disertai gatal pada area kulit yang telah terpapar ultiple (penyebab alergi) (3).
  5. Meredakan alergi akibat gigitan serangga.
    Pernah tiba-tiba merasa gatal setelah berada dari luar ruangan? Bisa jadi gigitan serangga atau tungau lah penyebabnya. Gigitan serangga biasanya mulai bereaksi setelah 8-24 jam dari kontak fisik dengan penderita. Gejala yang paling sering terlihat diantaranya berupa lepuhan, kulit kemerahan, gatal, di atasnya ultip berair atau nanah, berderet, ultiple, tersebar tergantung penyebaran toksin serangga (5). Untuk mengetahui apakah benar kamu memiliki gejala alergi pada kulit, sebaiknya segera cek gatal alergi di sini ya Bestie!
  6. Obat bekerja efektif dalam 24 jam.
    Oleh karena itu, Loratadine cukup diminum sekali sehari. Setelah diminum, fungsi obat Loratadine ini akan segera bekerja dalam waktu 1-3 jam, dan efeknya akan memuncak dalam 8-12 jam. Efek Loratadine akan berkurang separuhnya dalam 8 jam, dan dikeluarkan dari tubuh sepenuhnya dalam 28 jam (6). , sehingga Loratadine efektif selama 24 jam dengan dosis sekali sehari.
  7. Tidak menimbulkan kantuk.
    Ini dia keunggulan paling penting yang tidak bisa kamu abaikan. Kalau kamu sering beraktivitas di siang hari, sebaiknya pertimbangkan untuk meminum anti alergi yang tidak dapat membuatmu mengantuk. Manfaat Loratadine (golongan antihistamin generasi dua) tidak memperlihatkan efek sedatif secara klinis bermakna pada pemberian dosis 10 mg per hari, sehingga kamu dapat bebas beraktivitas sehari-hari dengan aman dan nyaman (2,3).

Sekarang kamu sudah paham kan, Bestie, kenapa Loratadine merupakan salah satu obat pereda gejala alergi yang patut jadi pilihan? Selain manfaat obat Loratadine yang tidak menyebabkan kantuk, Bestie hanya cukup mengonsumsinya 1 kali sehari saja. Serta tak kalah penting, selalu ikuti dosis dan aturan minumnya supaya Loratadine bekerja maksimal dalam tubuh. Ingat, jika gejala alergi menyerang, redakan dengan Loratadine ya!

CH-20230516-05

Artikel ini ditulis oleh:
dr. Reza Dirgahayu Putri

Artikel ini ditinjau oleh:
dr. Riana Nirmala Wijaya - Medical Advisor Bayer Consumer Health

REFERENSI:

  1. Lestari IT, et al. Pengaruh Lamanya Penyimpanan Terhadap Mutu Fisik Sediaan Sirup Loratadine Yang Sudah Dibuka. Jurnal Farmasi Indonesia. 2022 ; 3 (1).
  2. Drugbank. Loratadine. Available at : https://go.drugbank.com/drugs/DB00455.
  3. Claritin. Claritin Tablet Loratadine Leaflet. 2022.
  4. Kayiran MA, Akdeniz N. Diagnosis and Treatment of Urticaria in Primary Care. North Clin Istanbul. 2017.
  5. National Institute of Allergy dan Infectious Diseases. Food Allergy. NIH Publication. 2010.
  6. Fahri M, et al. Dermatitis Venenata. Jurnal Medical Profession (MedPro). 2019.
  7. Sidhu G, Akhondi H. Loratadine. Available at : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK542278/. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2023 Jan.

ANDA MUNGKIN SUKA INI