Pilek Karena Alergi Dingin di Musim Hujan? Ini 9 Cara Mengatasinya Tanpa Kantuk

Halo Bestie, pernah nggak sih kamu merasakan hidung meler yang datang tiba-tiba saat musim hujan? Biasanya, kamu akan menganggap itu hanya pilek biasa, tapi tahukah kamu kalau itu bisa jadi pilek karena alergi dingin? Pilek karena alergi dingin dengan common cold memang punya gejala yang mirip, seperti hidung tersumbat, padahal keduanya berbeda. Dan yang pasti, pilek karena alergi dingin ini bisa jadi masalah besar saat kamu harus tetap produktif di siang hari. Tapi jangan khawatir, di artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatasinya satu per satu.

Pilek Karena Alergi Dingin di Musim Hujan? Ini 9 Cara Mengatasinya Tanpa Kantuk

Halo Bestie, pernah nggak sih kamu merasakan hidung meler yang datang tiba-tiba saat musim hujan? Biasanya, kamu akan menganggap itu hanya pilek biasa, tapi tahukah kamu kalau itu bisa jadi pilek karena alergi dingin? Pilek karena alergi dingin dengan common cold memang punya gejala yang mirip, seperti hidung tersumbat, padahal keduanya berbeda. Dan yang pasti, pilek karena alergi dingin ini bisa jadi masalah besar saat kamu harus tetap produktif di siang hari. Tapi jangan khawatir, di artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatasinya satu per satu.

Ternyata, Ini Penyebab Pilek Karena Alergi Dingin Terjadi

Fun fact, tubuh kita bisa terkena alergi karena ada pemicu tertentu, seperti suhu dingin. Yup, kalau kamu merasa hidung berair saat cuaca dingin, kemungkinan kamu memiliki alergi sama suhu dingin. Kadang, kamu mungkin merasa sakit seperti pilek tapi berlangsung terus-menerus dan hanya terjadi di musim tertentu, nah bisa jadi itu adalah alergi musiman.

Walaupun gejalanya mirip, jangan sampai salah ya, pilek karena alergi dan pilek biasa itu berbeda. Jika pilek itu disebabkan oleh virus, sementara pilek alergi musiman itu karena sistem kekebalan tubuh kita sedang merespons terhadap paparan alergen yang banyak berkembang saat musim tertentu (1). Saat cuaca sedang dingin, tubuh kita akan menghasilkan lendir yang berlebih untuk melindungi paru-paru sekaligus menghangatkan saluran hidung (2).

Gejala Pilek Alergi karena Udara Dingin

Mirip tapi tak sama, ini informasi yang harus kamu tahu supaya bisa membedakan pilek biasa dengan pilek karena alergi ya, Bestie:

  • Kondisi hidung: Pilek alergi memiliki gejala hidung meler atau berair (3).
  • Bentuk lendir: Lendir atau ingus yang disebabkan oleh pilek karena alergi biasanya tidak berwarna dan cenderung encer (4).
  • Kondisi mata: Mata terasa gatal dan berair (3)
  • Kondisi mulut dan tenggorokan: Jika kamu mengalami reaksi alergi yang parah seperti bengkak pada mulut atau tenggorokan serta sesak napas, kondisi ini disebut juga sebagai anafilaksis (3).
  • Gejala selalu muncul di kondisi tertentu: Kalau kamu selalu sakit di bulan atau musim tertentu, bisa jadi itu adalah pilek karena alergi (4).
  • Lama terjadinya: Beda pilek biasa dengan pilek akibat alergi adalah dari durasinya. Alergi tidak akan hilang kecuali kamu mendapatkan pengobatan atau sudah benar-benar menghilangkan trigger-nya, yang bisa berlangsung selama berminggu-minggu (2).

Persiapan untuk Mengatasi Pilek Alergi Selama Musim Hujan

1. Jauhi Pemicu Alergi dan Jaga Tubuh Tetap Hangat:

Cara pertama untuk mencegah pilek karena alergi adalah dengan menghindari suhu dingin yang bisa menjadi trigger-nya. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan menutup hidung dan mulut dengan kain atau syal saat berada di luar ruangan. Dengan begini, udara akan menjadi lebih hangat dan lembab sebelum kamu menghirupnya (2).

2. Gunakan Humidifier di Dalam Ruangan:

Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan menyediakan humidifier di dalam rumah. Meskipun suhu di rumah kamu sudah cukup nyaman, udara biasanya cenderung lebih kering saat musim hujan. Dengan adanya humidifier bisa membantu menjaga membran lendir di dalam hidung agar tetap lembab (2).

3. Manfaatkan Essential Oil:

Kamu juga bisa menggunakan essential oil seperti eucalyptus. Minyak eucalyptus memiliki sifat anti-inflamasi, yang membantu melawan peradangan di saluran pernapasan, serta meredakan sesak di bagian hidung dan dada. Letakkan essential oil di dalam diffuser atau gunakan saat mandi, sehingga kamu akan menghirup aroma dari essential oil tersebut (5).

4. Pakai Masker Saat di Luar Ruangan:

Memakai masker bisa membantu mengurangi gejala pilek akibat alergi. Riset yang dilakukan pada tahun 2021 menemukan bahwa mengenakan masker wajah membantu penderita alergi untuk menghindari gejala alergi baik di area hidung maupun mata (5).

5. Biasakan Tubuh Untuk Berolahraga:

Faktanya, penderita alergi yang rutin melakukan olahraga seperti yoga tercatat mengalami perbaikan gejala alergi karena dengan berolahraga dapat mengurangi inflamasi pada daerah hidung (5). Jadi, kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk membiasakan tubuh agar tetap aktif ya, Bestie.

6. Minum Banyak Air:

Jika terkena pilek karena alergi dingin, konsumsilah banyak cairan, terutama air putih. Selama masa pengobatan, kamu juga bisa meminum teh herbal atau jus. Cara ini merupakan pengobatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu meredakan pilek (3).

7. Konsumsi Sup Ayam:

Chicken soup for the soul! Bukan cuma rasanya yang enak, tapi sup ayam bisa membantu meredakan pilek karena alergi, lho. Soalnya, sup ayam mengandung asam amino yang memperkuat sistem kekebalan tubuh.  Tapi, kamu juga perlu menambahkan bawang putih atau cabe, karena kedua bahan tersebut bisa menambah panas dan aroma yang ampuh untuk menangkal produksi lendir berlebih (7).

8. Berkumur dengan Air Garam:

Kumur-kumur dengan air hangat dan garam bukan hanya dapat mengurangi cairan berlebih di tenggorokan, namun juga meredakan lendir yang menebal, dan dapat menghilangkan penyebab alergi, bakteri, serta jamur. Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat terhadap 400 orang selama 60 hari saat musim dingin menunjukkan bahwa orang yang berkumur dengan air garam 3 kali sehari mengalami penurunan infeksi saluran pernapasan atas hampir 40% dibandingkan dengan yang tidak (8).

9. Konsumsi Obat Pereda Alergi:

Jika pilek karena alergi menyerang, Bestie bisa mengonsumsi obat pereda alergi generasi kedua, yang artinya tidak menyebabkan kantuk seperti anti alergi generasi pertama (5). Oleh sebab itu, tak ada salahnya memilih minum obat alergi generasi kedua, misalnya yang mengandung Loratadine, karena dapat mengatasi alergi tanpa rasa kantuk. Efektivitas obat ini bekerja dalam 24 jam sehingga cukup diminum 1 kali sehari.

Ingat ya Bestie, walaupun gejala alergi dan pilek mirip, kedua kondisi kesehatan ini sangat berbeda, lho. Jika kamu memiliki tanda-tanda pilek karena alergi, jangan dibiarkan karena dapat menyebabkan infeksi yang lebih serius (3). Jadi, jangan ragu cek gejala alergi dan 3 langkah redakan pilek alergi di platform online yang sudah disusun oleh ahlinya. Untuk Bestie yang memiliki gaya hidup aktif, sebaiknya pilih obat pereda alergi yang mengandung Loratadine. Alergi reda, bebas beraktivitas tanpa kantuk!

CH-20230120-30

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health

REFERENSI:

  1. Cold or Allergy: Which Is It? Mayo Clinic. Pritish K. Tosh, M.D. Diakses pada 13 Januari 2023 dari https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold/expert-answers/common-cold/faq-20057857
  2. Cold Weather and Runny Nose. Very Well Health. Daniel More. Diakses pada 13 Januari 2023 dari Daniel More. https://www.verywellhealth.com/runny-nose-in-cold-weather-83155#toc-why-temperature-matters
  3. Stephanie Faris. Is It Allergies or a Cold? Healthline. Diakses pada 13 Januari 2023 dari https://www.healthline.com/health/allergies/allergies-or-cold#diagnosis
  4. Sarah Klein. 7 Signs You Have Allergies—and Not Just a Cold. Health.  Diakses pada 16 Januari 2023 https://www.health.com/condition/allergy/allergies-or-cold.
  5. Ashley Laderer & Zoe McDonald. 13 Natural Home Remedies to Relieve and Fend Off Allergies. Diakses pada 16 Januari 2023 dari https://www.insider.com/guides/health/conditions-symptoms/home-remedies-for-allergies
  6. Regina Boyle Wheeler. Allergy Dos and Allergy Don'ts. Everyday Health. Diakses pada 16 Januari 2023 dari https://www.everydayhealth.com/allergy-pictures/allergy-dos-and-allergy-donts.aspx
  7. Stephen Sinatra. Chicken Soup for the Lungs: A Natural Cold & Flu Treatment. Healthy Directions. Diakses pada 16 Januari 2023 dari https://www.healthydirections.com/articles/immune-health/chicken-soup-for-the-lungsa-natural-cold-flu-treatment?closebox=true
  8. Anahad O’Connor. The Claim: Gargling With Salt Water Can Ease Cold Symptoms. The New York Times. Diakses pada 16 Januari 2023 dari https://www.nytimes.com/2010/09/28/health/28real.html

ANDA MUNGKIN SUKA INI